PortalNusa.Id, Jakarta – Ery Mulyadi, Kadiskominfo Perstik Kutai Timur (Kutim), siap revitalisasi dan optimalisasi pengelolaan media center di Kutim. Penyataan tersebut ia nyatakan saat ditemui pada kegiatan Pemprov Kaltim dalam rangka studi tiru ke Provinsi DKI Jakarta (29/11/2022).
Kegiatan yang digelar Biro Kesejahteraan Rakyat Bidang Komunikasi, Informatika, Statistik, Persandian dan Perhubungan Pemprov Kaltim di Hotel Artotel Suites Mangkuluhur, Gatot Subroto, Jakarta adalah upaya penguatan pengelolaan media center di Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Acara tersebut diikuti seluruh Kepala Dinas Kominfo termasuk Kadiskominfo Perstik Kutai Timur (Kutim).
Lebih lanjut Ery Mulyadi mengakui, banyak kesamaan yang sudah dilakukan oleh Diskominfo Perstik Kutim dengan Pemprov DKI Jakarta dalam pengelolaan media center.
“Misalnya kanal-kanal pengaduan. Kalau di DKI Jakarta ada 13, di Kutim hanya mempergunakan 1 kanal yakni Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR. Karena bisa diakses dari berbagai macam media seperti internet, aplikasi android, telepon dan SMS,” jelas Ery Mulyadi.
Kanal SP4N LAPOR ini sudah cukup familiar di masyarakat Kutim. Digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan pengaduan, aspirasi atau memberikan informasi kepada Pemda.
Selain itu, Ery juga menjelaskan bahwa Diskominfo Perstik telah melakukan banyak kerja sama dengan media cetak maupun online. “Kami bahkan siap memfasilitasi media di Kutim agar bisa terdaftar di Dewan Pers secara administratif maupun faktual,” ujarnya.
Dalam hal penguatan media, Ery menjelaskan ada beberapa macam kegiatan yang telah dilakukan. Pertama mendukung sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan, kedua bekerja sama dengan media online di Kutim dan terakhir melakukan diskusi dengan rekan media baik online maupun cetak.
Discussion about this post